"9th Singapore National Synchronized Swimming Championships 2014"


Hai teman-teman........Kali ini aku akan menceritakan tentang renang indah. Pada tanggal 12 November 2014 aku pergi ke Singapore, untuk perlombaan 9th Singapore National Synchronized Swimming Championships 2014. Aku berangkat dari Jogja jam 07.25 pagi & tiba di Singapore jam 10 (waktu singapore). Banda Changi besar, bersih, dan bagus. Setelah mengisi botol minum, aku belajar mengisi kartu imigrasi bersama Papa. Kartu ini harus aku simpan karena nanti pada saat pulang harus diserahkan lagi.

Aku sedang menulis kartu keterangan untuk imigrasi Singapore
Di bandara Changi kami menunggu tim dari Kalimantan Timur. Setelah menunggu beberapa menit di bandara aku, keluargaku & teman-temanku ke hotel untuk makan siang & istirahat karena sorenya aku dan teman-teman harus latihan. Sorenya kami berangkat naik big bus untuk latihan. Ini pertama kalinya aku dan teman-teman KUC (Kelompok Umur dibawah 12 tahun) melihat kolam renang OCBC Center. Nama  kolam renangnya adalah OCBC Aquatic center. Kami memasuki kolam lalu kami sangat senang karena akhirnya bisa merasakan kolam renang Singapore. Dan ini juga pertama kalinya aku dan teman-temanku pernah keluar negeri. Lalu kami meletakan tas dengan rapi dan lalu kami melakukan peregangan (stretching). Setelah stretching lalu  kami split. Setelah itu kami masuk ke dalam air dan airnya dingin sekali karena kolam ini berada dalam ruangan (indoor). Meski airnya dingin tapi dinginnya segar karena hawa di luar panas. Setelah latihan kami langsung mandi. Saat kami melihat kamar mandi di area kolam renang ini, kami merasa kamar mandinya sangat bersih. Kami lalu mandi dengan air hangat. Setelah mandi kami kembali ketempat semula. Setelah itu kami berjalan ketempat bisnya parkir. dan kami pulang. Setelah makan malam dan sholat, pelatih memberi pengarahan tentang kegiatan esok hari. Kemudian aku tidur karena besok hari pertama lomba. Di hari pertama ini aku belajar untuk tidak menyalahkan orang lain, & percaya diri.


Bis kami dari bandara menuju ke hotel


Berfoto dulu sebelum mencoba kolam renang OCBC Aquatic center untuk pertama kalinya

DAY 1 COMPETITION
Tanggal 14 November adalah hari pertama aku lomba dan aku harus bangun pagi karena hari ini aku mengikuti nomor perlombaan Figure (tehnik-tehnik dasar renang indah). Aku turun ke lobby jam 07.15, karena akan di jemput jam 07.30. Di nomor ini aku mendapatkan nomer giliran figure 51. Sebelum figure aku tidak lupa berdoa, dan harus yakin dengan gerakan yang menurutku benar. Aku merasa tegang saat menunggu figure karena ada 72 orang yang mengikuti figure. Tes figure ini berlangsung selama 1,5 jam. Aku harus melakukan 2 gerakan wajib (ballet leg single dan barracuda) dan 2 gerakan pilihan (oceanita & surface prawn). Dari perlombaan hari pertama ini aku belajar untuk melakukan ballet leg lebih pelan, barracuda tidak over, oceanita dengan support scull yang lebih kuat, dan surface prawn yang lebih lama lagi. Untuk nomor figure ini aku menempati rangking 16 dari 72 peserta.

Aku menunggu giliran lomba nomor figure

Setelah selesai aku langsung mandi dan segera pergi ke podeum atas untuk menonton kakak-kakak figure. Setelah menuggu jemputan kira-kira jam 4 sore lalu kami pulang. Saat sampai hotel aku, Icha & Sekar (teman KUC) tidur bersama karena teman hotel mereka tidak ada. Setelah selesai tidur kami bermain di kamar dan menunggu keluarga ku pulang ke hotel. Setelah makan malam & pulang kami briefing di kamar Mbak Winnie (pelatihku). Aku bersyukur bisa mendapatkan nilai yang cukup bagus di perlombaan internasional pertamaku. Dari perlombaan hari ini aku belajar disiplin,sabar & tidak mudah menyerah.

DAY 2 COMPETITION
Hari ini tanggal 15 November 2014 hari pertama lomba. Hari ini aku lomba solo (sendiri). Aku mendapat nomer giliran 40 dari 68 peserta. Aku berangkat dari hotel jam 09.30 (waktu Singapore). Di hotel rambut ku sudah di cepol satu. Aku latihan gerakan solo sebentar sebelum wajahku diberi make up. Setelah menunggu giliranku selama 1,5jam, akhirnya giliranku tiba. Aku melakukan nomor solo dengan diiringi lagu "My Hero, My father", soundtrack film Happy Feet 2. Setelah peluit tanda lagu diputar oleh panitia, aku mulai melakukan gerakan solo. Setelah berlatih selama beberapa bulan, aku berusaha melakukan semua gerakan dengan baik. Aku berusaha keras agar spinning atau gerakan kaki putar dengan kepala dibawah tidak miring, sampai tanganku & kakiku pegal. Setelah selesai lomba aku aku sudah tidak tegang lagi :) 



Aku sedang melakukan salah satu gerakan solo
Aku sedang melakukan gerakan spinning

Nilai Solo yang dipasang di score board. Aku berada di rangking 15 dari 67 peserta setelah nilai ini
digabung dengan nilai figure

Aku ada d rangking 13 di nomor solo dari 67 peserta

Karena seharian ini aku berada di kolam, aku berusaha untuk tetap sholat. Karena tidak ada mushola seperti di Indonesia, aku mendapatkan tempat yang cukup bersih dan luas untuk sholat. Tempatku sholat ini adalah tempat untuk penonton di podium yang menggunakan kursi roda. Menurutku tempat ini bagus supaya banyak orang dengan kursi roda bisa ikut nonton.



Pada sore harinya, aku dan teman-teman mengikuti nomor team. Alhamdulillah angkat saltonya berhasil, Dinda berhasil salto dengan bagus. Untuk nomor team ini kami ada di rangking 4, sedikit lagi untuk menjadi juara 3 :) Hari ini aku belajar mandiri, menjaga barang, & harus sabar.


DAY 3 COMPETITION
Hari ini  tanggal 16 November 2014. Ini adalah hari terakhir lomba dan pagi ini aku ikut lomba nomore duet bersama Sekar. Pagi ini aku & Sekar bangun pagi untuk di cepol rambutnya dan di make up. Aku dan Sekar mendapat giliran duet nomor 11. Aku tidak terlalu tegang lagi karena sudah, terbiasa. Hasilnya adalah duet kami berada di rangking 9 dari 30 pasang duet setelah nilai kami digabung dengan nilai figure. Alhamdulillah kami berhasil masuk 10 besar. Perlombaan selanjutnya aku dan Sekar akan lebih percaya diri & akan terus berusaha.

Aku dan Sekar memberi hormat setelah nama kami dipanggil

Nilai duetku dan Sekar

Sore harinya di adakan UPP (Upacara Penghargaan Pemenang). UPP di laksanakan sehabis duet. Walaupun saat UPP kami bosan karena tidak dapat apa-apa. Kami semua melihat yang mendapatkan juara 1 dan kami juga ingin seperti itu. Walaupun belum membawakan hasil tapi kami tetap bangga dengan apa yang kami lakukan. Perlombaan berikutnya aku akan lebih percaya diri, tegas, & sungguh-sungguh jiga mengerjakan sesuatu.

Berfoto dengan atlit negeri sembilan, Malaysia
Berfoto sebelum UPP(upacara penghormatan pemenang)
Berfoto dengan atlit sichuan, China
Berfoto setelah UPP
Setiap ke kolam harus memakai Name tag

Komentar

  1. Pengalaman yang menarik sekali, Lala.
    Terima kasih sudah berbagi cerita tentang betapa menariknya perlombaan dan pelajaran-pelajaram yang sudah kamu dalatkan. Ditunggu cerita selanjutnya yaa

    BalasHapus
  2. Terima kasih juga untuk Mbak Nirha dan teman-teman. Terima kasih untuk pelajaran yang unik waktu dulu pas di Ugm. terima kasih juga sudah membagi pengalaman mbak Nirha... Kalau dulu tidak bermain bersama pasti aku dan teman-teman tidak bisa sejauh ini....Terima kasih banyak .... :):)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibn Tufayl's: Hayy Ibn Yaqzan (A Philosophical Tale)

Tentang Lala

FOTO-FOTO "COMONWEALTH FESTIVAL OF SYNCHRONIZED SWIMMING 2015"