Open Water Swimming Jalur Rempah 2018



Open Water Swimming (OWS) Jalur Rempah 2018 yang diselengarakan di Pantai Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 13 Mei 2018 ini menjadi lomba OWS pertama yang aku ikuti. Ada 3 kategori yang diperlombakan di OWS jalur rempah 2018 ini. Kategori pertama adalah kategori umum, dimana para peserta harus berenang sejauh 400 meter & berlari sejauh 100 meter menuju garis finish. Kategori kedua adalah TNI dan POLRI, dikategori ini peserta berenang sejauh 1200 meter dan berlari 100 meter. Di Pantai Hunimua atau yang biasa disebut Pantai Liang ini  pertama kali aku merasakan langsung berenang jarak jauh dilaut terbuka. Pada awalnya aku sedikit merasa takut akan terjadi hal-hal menyeramkan saat berenang dilaut, tapi ketakutan itu aku atasi dengan perasaan senang untuk mengikuti lomba OWS ini. Pantai Liang ini memiliki kedalaman yang tidak merata dimana semakin jauh kita berenang dasar laut akan semakin dalam. Diperlombaan kali ini rute yang dilewati melawan arus ombak. Saat latihan pertama di Pantai Liang aku terganggu dengan air laut yang terasa asin, tapi setelah aku berenang  akhirnya aku bisa beradaptasi. Warna air laut cukup bening atau tampak biru.


Untuk perlombaan kali ini aku mengikuti kategori Elite atau berenang sejauh 1200 meter dan berlari 100 meter menuju garis finish. Banyak tantanggan yang harus aku lewati. Tantangan pertama yaitu adalah teknik renang dilaut yang berbeda dengan teknik renang di kolam renang. Saat berenang kolam renang kita bernafas ke arah tangan ditekuk atau ke samping, tapi saat berenang di perairan terbuka kita dianjurkan bernafas melihat kedepan. Kenapa dianjurkan  begitu? Karena saat kita bernafas melihat depan kita bisa melihat ombak yang akan datang ataupun kemana arah ombak menuju. Tantangan kedua yaitu aku berenang ke melawan arus air. Jika arus bergerak ke arah kanan, supaya aku tetap berenang dengan arah yang lurus, aku harus berenang ke arah kiri ataupun sebaliknya.


Dikategori elite putri alhamdulillah aku mendapatkan posisi pertama dengan catatan waktu 17 menit, 42.11 detik. Saat sedang berlari menuju garis finish aku sempat terjatuh karna tidak berhati-hati dan belum terlalu mahir mengelola nafas setelah renang 1200 meter dan langsung berlari sprint.
Aku menjadi atlet putri pertama yang berhasil sampai digaris finish .
aku sedang berlari ke garis finish setelah terjatuh dan akhirnya bangkit lagi.
Aku sangat senang bisa mengikuti kejuaran OWS pertama kalinya setelah lama sekali ingin mencoba bagaimana rasanya berlomba renang di perairan terbuka. Aku juga sangat senang bisa belajar tehnik renang di laut yang benar dari Om Wisnu Wardhana. Aku ingin terus mengikuti lomba OWS Jalur Rempah yang akan diadakan setiap tahunnya di Pantai lainnya, karena Maluku mempunyai banyak pantai yang keren dan aman.
Senang & bangga bisa menjadi bagian dari #TeamJAQ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibn Tufayl's: Hayy Ibn Yaqzan (A Philosophical Tale)

Tentang Lala

FOTO-FOTO "COMONWEALTH FESTIVAL OF SYNCHRONIZED SWIMMING 2015"