Gizi & tumbuh kembang atlet part 2


"Tidak ada makanan khusus untuk meningkatkan prestasi namun makanan yang salah dapat menggangu bahkan akan menyirnakan prestasi" itulah filosofi makanan olahraga.
Ditulisanku kali ini aku akan berbagi ilmu lebih banyak dan lebih detail tentang Gizi & tumbuh kembang atlet, hasil dari belajarku di workshop gizi yang diadakan FKRS(Forum Komunikasi Renang Sleman)



Kebutuhan energi olahragawan jauh lebih banyak di bandingkan orang biasa yang hanya 3200kalori/hari. Namun tidak pada seorang atlet, kebutuhan energi Seorang olahragawan bisa mencapai 6000 kalori/hari. Karena energi yang dibutuhkan olahragawan lebih banyak, berarti seorang atlet memerlukan nutrisi yang lebih. Salah satu contohnya adalah, selain makanan seorang atlet tentunya membutuhkan cairan. Masih banyak atlet di Indonesia yang kekurangan cairan atau bisa dibilang kurang banyak minum air putih. Disaat bertanding cairan yang keluar bisa 3X lebih banyak dibanding orang pada umumnya(Contohnya pelari marathon keluar keringat 2-4 liter perjam). Jadi seorang atlet harus lebih banyak meminum air putih daripada orang pada umumnya. Orang pada umumnya hanya memerluka  6 gelas (1200cc/hari). Tetapi tidak bagi olahragawan, yang butuh 20 gelas (4 liter/hari).

Selain memerlukan cairan yang lebih banyak daripada orang pada umumnya, tentunya seorang atlet harus pintar dalam mengomsumsi makanan sehari-hari. Seperti contohnya, jika seorang atlet suka meminum soda, tentunya akan sangat tidak baik pada tubuh. Karena, soda membuat asam urat tinggi, dan tentunya tinggi gula. Selain soda, kebiasaan minum teh juga akan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh atlet.


Selain itu, seorang atlet juga harus memelihara gizi mereka dengan baik, contohnya:

  • Cukup makan, sumber energi untuk mempertahankan simpanan glikogen
  • Atur jadwal makan, sehinga sumber energi dalam otot selalu terisi
  • Porsi kecil-Frek.Banyak(5X/hari)
  • Saat recovery, konsumsi KH komplex
  • Kurangi konsumsi lemak
  • Cukup minum saribuah
  • Selalu timbang Berat Badan(BB)


Selain memelihara gizi dengan baik, seorang atlet juga memerlukan endurance yang sangat baik. Endurance sangat diperlukan diolahraga yang aku tekuni, yaitu renang indah & renang. Tentunya, selain latihan fisik yang baik diperlukan juga gizi untuk memaksimalkan endurance, yaitu:

  • Tingkatkan kapasitas aerobik
  • Tingkatkan kadar Hb dengan konsumsi sayuran sumber zat besi
  • Cukup vitamin, mineral (sayur,buah)
  • Hindari rokok-> Hb memiliki afinitas pada Co-> dari pada ph O2-> mengurangi  kemampuan aerobik

Banyak orang bertanya, "Apakah atlet perlu suplemen?" Perlu jika atlet mengalami kekurangan asupan makanan alami, Tidak perlu jika atlet tercukupi asupan makanan alami.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari tulisan ini adalah, selain berlatih tentu banyak cara yang bisa membantu kita untuk mendapatkan prestasi terbaik. Salah satu bagian untuk penunjang prestasi atlet adalah nutrisi. Jadi, seorang atlet yang ingin mendapatkan prestasi tinggi harus menyadarkan diri sendiri begitu pentingnya menjaga pola makan & kesehatan.

Ditulisanku berikutnya aku akan membahas tentang asupan yang harus diberi saat sebelum bertanding, disaat bertanding, dan setelah bertanding.

To be continue soon...


sumber bacaan:
Pengaturan makanan atlet, prof. Djoko pekik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibn Tufayl's: Hayy Ibn Yaqzan (A Philosophical Tale)

Tentang Lala

FOTO-FOTO "COMONWEALTH FESTIVAL OF SYNCHRONIZED SWIMMING 2015"